Sabtu, 18 Agustus 2012

Bedugul : Pura Taman Ayun, Pura Ulun Danu, Alas Kedaton, Tanah Lot

 Bedugul ~ Bali


Perjalanan ke Bali kali ini kami khususkan menikmati area Bedugul, Kintamani & Bali Selatan.
Nah, ingin tahu apa saja yang kami kunjungi di Bedugul ini ? Yuk, simak cerita singkat perjalanan kami kali ini.. :)

Pertama-tama kami ke Pura yang terkenal paling cantik di Bali, Pura Taman Ayun. Sesuai namanya, di sekeliling pura ini memang terdapat taman yang ayun (ayun=cantik). Ada tiga halaman hijau di kompleks pura ini, semuanya ditumbuhi tumbuh-tumbuhan & rerumputan yang terpelihara, dihiasi oleh barisan meru, paibon, dan Padmasana Singgasana Sang Hyang Tri Murti. Kepercayaan penduduk asli Bali yang beragama Hindu.





Di dalam pura ini juga ada seorang pelukis. Sang pelukis selain melukis di pura ini juga menjual hasil karyanya. Salah satu lukisannya yaitu lukisan telor. Lukisan di sebuah tanah yang sudah dibentuk mirip telor. Unik bukan ? Selain itu juga terdapat lukisan kanvas & beberapa jenis lukisan lain.

Ada sebuah pura yang ada anak tangga keatas. Pemandangan luas sekitar kompleks pura terlihat jelas dari sini.



Kedua, kami menuju ke Pura Ulun Danu. Pura ini terletak di tepi danau yang dibangun untuk menghormati Dewi Danu. Pasti semua tahu Pura yang satu ini bukan ? Udara disinipun sangat mendukung untuk berlama-lama mengitari area taman. Sejuk dengan angin yang sepoi-sepoi..
Jangan lupa bila berkunjung ke sini, sempatkan dulu makan siang di restoran di depan pintu masuk ya. Makanan yang disajikan sangat lezat.. :)





Ketiga, pergilah ke Alas Kedaton, pura disini dikelilingi hutan kecil yang merupakan tempat tinggal sekelompok kera yang dianggap keramat.
Saat memasuki area ini, harus lebih extra hati2 ya..karena kera-kera nya relatif agak agresif. Mereka akan mendekati untuk meminta kacang kulit. Nah saat kacang kulit di tangan saya habis, ada seekor kera yang nakal & menjambak rambut saya hahaha..pengalaman yang tak terlupakan. Tapi jangan kuatir, saat masuk area pura ini, kita akan ditemani oleh seorang pawang yang sekaligus pedagang di kompleks pura ini. Rata2 adalah ibu2 yang sabar menemani kita mengitari kompleks ini. Beliau juga mengusir si kera yang nakal tadi.



Pura di alas kedaton tidak semenarik pura Ulun Danu, tapi karena letaknya seperti di tengah-tengah hutan, maka memiliki nilai tersendiri. Nah setelah selesai mengelilingi kawasan pura, kita akan diantar ke kios tempat Ibu tadi, kita akan ditawari untuk membeli barang dagangannya yang rata-rata berupa souvenir khas Bali, seperti kaos bergambar Bali, kain batik khas Bali, jepit bunga khas Bali, dan sebagainya. Ibaratnya tips untuk Ibu yang menemani tidak langsung berupa uang tapi kita mendapat barang.

Keempat & yang terakhir kita kunjungi hari ini adalah Tanah Lot. Siapa yang tidak kenal tanah lot ? hampir semua orang di dunia mengetahuinya. Tidak lengkap rasanya ke Bali, jika belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini.
Pura di tanah lot didirikan pada sebuah batu yang sangat besar, terletak di laut atau terpisah dari daratan. Jika air laut pasang maka pura ini akan kelihatan seperti sebuah pura yang terapung di atas air.

Agak maju dari pura tanah lot, ada pura lagi yang tidak terpisah laut, jalan menuju kesana hanya jalan lurus yang kurang lebar. Saya baru tahu pura yang satu ini karena diberitahu oleh guide kami, Pak Panya. Maklum sewaktu saya pertama kali kesini (waktu SMA) saya hanya tahu pura tanah lot cuma satu saja.. & tidak menjelajah sampai pura yang satu ini. Indah juga bukan ? pura ini kiri kanannya langsung laut. Sehingga bila mengambil foto disini, suasananya cukup eksotis :)






Ketika saya kesana, saya melihat beberapa orang Ibu-ibu yang sedang berdoa bersama pemimpin mereka seorang Bapak, mungkin beliau ada pemuka agama Hindu/pemuka adat. Saya mengabadikan beberapa foto mereka.




Sekian perjalanan ke Bedugul kali ini...
Ayo segerakan diri Anda berlibur menikmati suasana Bali :)
  

                                                                  ***
# semua foto di blog ini koleksi pribadi. 

Baca juga cerita jalan2 lainnya di Bali :
Romantisnya Pantai Nusa Dua Bali
Jalan-jalan ke Kintamani Bali
Ada apa di Bali Selatan ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar